Keuntungan Dari Jaringan Sosial Online

Ini adalah yang kedua dalam serangkaian artikel kami akan menerbitkan menyampaikan pemikiran dan gagasan dari Internet Pengecer Conference di Chicago, yang terjadi 5 Juni sampai 7 Juni. Peter Kosciewicz, Direktur E-Commerce untuk Perusahaan Eastwood, dan Chris Saito, Direktur Senior, Belanja Produk untuk Yahoo! Shopping, menyampaikan presentasi berjudul "Social Networking:. Para rekan Pursuasion Marketing Tool"
Menurut Kosciewicz, hari ini web telah berkembang menjadi sebuah "arsitektur partisipasi" yang memfasilitasi jejaring sosial melalui perangkat seperti blog, wiki, RSS, podcast, dan banyak lagi. Forrester Research telah menerbitkan studi yang menunjukkan bahwa pemasaran tradisional terus kehilangan kredibilitas. Sebagai contoh, pada tahun 2002, 78% responden dalam survei mengatakan bahwa iklan adalah cara yang baik untuk belajar tentang produk baru. Pada tahun 2004, angka tersebut turun menjadi 46%. Pada tahun 2002, 14% responden setuju bahwa perusahaan-perusahaan umumnya mengatakan kepercayaan. Seperti yang menyedihkan seperti 14%, pada 2004, telah menurun lebih jauh - turun sampai 7%. jejaring sosial sebagai sarana pemasaran mengatasi kurangnya kepercayaan konsumen karena mengandalkan pada kata konsumen daripada kata produsen. Penelitian dari Datamonitor melaporkan bahwa 85% dari repondents dalam survei menunjukkan bahwa kata-of-mouth dari teman, keluarga, atau kolega yang lebih dapat dipercaya daripada konten perusahaan-generated.
Jadi bagaimana Anda mengambil keuntungan dari jaringan sosial untuk menjual produk lebih banyak? Sederhana - Anda membuka diri. Anda menanam benih-benih komunitas untuk tumbuh di sekitar situs Anda dengan menggunakan perangkat seperti blog, review pelanggan, dan forum untuk memberikan suara kepada pelanggan atau calon pelanggan. Peringatan adalah bahwa Anda harus berkualitas tinggi. Anda harus memiliki layanan berkualitas tinggi dan produk yang berkualitas tinggi. Jika tidak, hindari metode pemasaran.
Kosciewicz diuraikan empat aturan penting untuk menggunakan jaringan sosial di situs web Anda:



1. Panduan tetapi tidak mengendalikannya.2. Jangan sensor.3. Jangan takut pada negatif.4. Jangan paranoid.
Jika Anda membuka sebuah forum di situs Anda, tetapi kemudian membatasi apa yang orang diijinkan untuk mengatakan, seperti menghapus posting yang negatif terhadap perusahaan Anda atau yang menyebutkan pesaing Anda, maka Anda akan melakukan lebih baik dari kerusakan reputasi Anda. Gunakan negatif sebagai cara untuk meningkatkan bisnis Anda. Jika orang-orang negatif, lihat itu sebagai umpan balik dan bertindak di atasnya. Lakukan perubahan, lalu biarkan komunitas Anda tahu tentang hal itu. Jangan khawatir tentang komunitas Anda berbicara tentang pesaing Anda. Sikap Anda harus bahwa Anda adalah yang terbaik, jadi mengapa khawatir tentang hal itu?
Sebagai masyarakat berkembang di sekitar situs web Anda, anggota tertentu akan membangun diri mereka sebagai lebih berpengaruh daripada yang lain. Mereka akan menjadi lebih terang-terangan, dan akan menjadi orang yang sering merespon kepada orang lain. Membudidayakan anggota, karena mereka dapat menjadi sekutu kuat. Sekali Anda telah mengidentifikasi anggota lebih berpengaruh dari komunitas Anda, hubungi mereka secara teratur, memberi mereka produk gratis, menjadi teman mereka. Feed informasi influencer Anda, dan mereka akan mendistribusikan untuk Anda. Tapi jangan membuatnya tampak bahwa Anda hanya tertarik pada mereka karena mereka dapat membantu Anda menjual barang. Anda harus asli.
Mengukur dampak jejaring sosial sulit. Tidak seperti bentuk lain dari marketing, tidak ada koneksi langsung antara aktivitas jejaring sosial dan menjual. Apa yang Anda ingin lakukan adalah melacak lalu lintas ke halaman seperti review pelanggan, link arahan, dll
jejaring sosial dapat menjadi alat pemasaran yang kuat, jika Anda memiliki produk yang berkualitas tinggi dan tidak takut dialog terbuka dengan pelanggan Anda.